Jumat, 09 Februari 2018

JENIS JENIS TULANG DAUN


JENIS - JENIS TULANG DAUN

   Daun merupakan salah satu bagian dari tumbuhan. Daun pada tumbuhan berfungsi sebagai tempat tempat pengolahan zat makanan. Proses pengolahan zat makanan pada daun ini disebut fotosintesis. Dalam fotosintesis di perlukan air dan karbon dioksida.

     Jenis-jenis tulang daun ada empat, yaitu tulang daun menyirip, menjari, melengkung, dan sejajar.

a. Tulang daun menyirip

Hasil gambar untuk tulang daun menyirip

    Nama ilmiah dari tulang daun menyirip adalah penninervis. Bentuk tulang daun menyirip seperti sirip ikan, sehingga disebut menyirip. Fisik dari tulang daun ini adalah memiliki satu buah ibu tulang yang memanjang dari pangkal ke ujung daun. Panjang tulang daun ini memanjang sampai ke tangkai daun. Dari ujung ibu tulang yang terdapat di daun ini keluar tulang tulang cabang. Karena itulah bentuk wujud dari tulang daun ini mirip dengan sirip ikan.
    Contoh tumbuhan yang memiliki jenis tulang daun menyirip adalah daun pohon mangga, daun pohon rambutan, daun pohon mahoni, daun pohon jambu biji, daun pohon jambu air, daun pohon beringin, daun pohon teh, daun pohon coklat, daun pohon ketapang, daun pohon nangka, dll.
b. Tulang daun menjari
Hasil gambar untuk tulang daun menjari

    Tulang daun menjari memiliki nama ilmiah palminervis. Pada tipe tulang daun ini, bentuk dan fisik dari tulang daun menjari mirip seperti jari manusia. Tipe tulang daun menjari ini merupakan tipe tulang daun yang memperlihatkan susunan seperti jari jari tangan. Disebut jari tangan karena susunan dari tulang daun menjari memperlihatkan dengan jelas ujung tangkai daun yang dari situ keluar beberapa cabang tulang yang mirip dengan jari tangan.
Tumbuhan yang memiliki fisik tulang daun menjari biasanya adalah tumbuhan yang memiliki biji terbelah atau dalam bahasa ilmiahnya adalah Dicolyledoneae. Contoh tumbuhan yang memiliki tulang daun menjari adalah daun pohon singkong, daun pohon pepaya, daun pohon jarak, daun pohon pagar, daun pohon ubi jalar, daun pohon kapuk, daun pohon bunga matahari, daun pohon labu dan daun pohon melon.

C. Tulang Daun Melengkung
    
Hasil gambar untuk tulang daun meLENGKUNG
      Tulang daun melengkung memiliki bahasa ilmiah yaitu cervinervis. Pada tumbuhan yang memiliki tulang daun melengkung memiliki ciri ciri fisik yaitu mempunyai beberapa tulang besar, satu tulang besar berada di tengah daun dan yang lainnya memanjang mengikuti alur tepi daun. Alur tulang besar pada daun melengkung akan memisah dan akan kembali lagi menjadi satu arah yaitu pada ujung daun. Biasanya tumbuhan yang memiliki tulang daun melengkung adalah tumbuhan yang berbiji tunggal atau dalam bahasa ilmiahnya disebut dengan monocotyledoneae.

    Contoh tumbuhan yang memiliki tulang daun melengkung adalah daun pohon sirih, daun pohon sirih sirihan, daun pohon waru, daun pohon genjer, daun pohon wewean, daun pohon gadung, daun pohon uwi, daun pohon kandri, daun pohon akasiah, daun pohon bandotan, daun pohon trimoso atau disebut juga daun pohon dileman, daun pohon gembolo, daun pohon Limnocharis flava Buch dan daun pohon Dioscorea hispida Dennst.

D. Tulang Daun Sejajar

Hasil gambar untuk tulang daun sejajar

     Jenis-Jenis Tulang Daun selanjutnya adalah tulang daun sejajar. Tulang daun bertulang sejajar memiliki bahasa ilmiah rectinervis. Pada tumbuhan yang memiliki tulang daun bertulang sejajar biasanya memiliki daun yang dimiliki adalah daun daun bangun garis atau daun daun dengan bangun pita.

     Daun daun bangun garis atau bangun pita pada umumnya memiliki satu tulang besar yang berada ditengah daun dan membujur di sepanjang daun sedangkan tulang tulang daun lainnya akan berukuran lebih kecil dan sepertinya memiliki arah yang sejajar dengan ibu tulang. Tipe tulang daun bertulang sejajar sering kita temukan pada tumbuhan yang berbiji tunggal atau dalam bahasa ilmiahnya disebut dengan Monocotyledoneae. Contoh dari tumbuhan tulang daun bertulang sejajar adalah: Daun Jagung, Daun Kelapa Sawit, Daun Aren, Daun padi, daun tebu, dll.


1 komentar:

  1. Terimakasih, saya ingin bertanya untuk tulang daun pisang bentuk nya apa ya

    BalasHapus