Kamis, 29 Agustus 2019

Citi khusus tumbuhan

TUMBUHAN YANG HIDUP DI AIR (HIDROFIT)

Tumbuhan dibedakan menjadi bermacam-macam tergantung habitatnya. Salah satu habitat tumbuhan yaitu air. Tumbuhan yang hidup di air disebut tumbuhan hidrofit. Beberapa contoh tumbuhan hidrofit yaitu :

1. TERATAI
     Teratai (Nymphaea) kalau dalam bahasa Inggris dikenal denfan nama water-lily. Teratai tumbuh di permukaan air. Bunga dan daun teratai berada di permukaan air, meskipun demikian akar tanaman teratai mencapai dasar air. Daun teratai berbentuk bundar atau oval. Daun teratai tidak berlapis lilin, sehingga daun yang jatuh di permukaan air tidak membentuk butiran.


     Teratai memiliki ciri khusus, yaitu:
     a. Teratai memiliki daun yang lebar dan tipis berfungsi untuk mempercepat penguapan.
     b. Batang berongga berisi udara berfungsi untuk mengedarkan oksigen dan membantu teratai agar           tetap tegak.
     c. Daun bundar dan lebar berfungsi untuk menyerap cahaya matahari sebanyak-banyaknya.
     d. Memiliki lapisan pembersih pada daun.

2. ECENG GONDOK
       Eceng gondok (Eichhornia crassipes) merupakan tanaman yang hidup di air. Tanaman eceng gondok tidak memiliki batang, daunnya berbentuk oval, bunganya berbentuk bulir, dan memiliki akar serabut. sebagai tanaman yang hidup di air, eceng gondok memiliki ciri khusus sebagai berikut :
a. Akar serabut berfungsi untuk menjeraaat lumpur dan segala paartikel yang ada di dalam air.   
b. Daunnya memiliki rongga  dan menggembung sehingga memudahkannya mengapung di air.



3. APU APU 
      Apu apu ( Pistia) merupakan tumbuhan dari kelas talas-talasan. Tanaman ini berwarna hijau dan saat tua akan berwarna kekuning-kuningan. Daun tanaman apu apu tebal yang lembut pada permukaannya. Daun apu-apu tebal, kenyal, dan lembut, sepintas seperti mahkota bunga mawar.
Ciri khusus tanaman apu apu yaitu:
a. Akar panjang hingga 80 cm yang berwarna putih. Akar apu apu menggantung di bawah roset dan mimiliki stolon. Rambut-rambut akar membentuk struktur seperti keranjang yang dikelilingi udara yang berrfungsi untuk meningkatkan daya apung di air.
b. Apu apu berperan sebagai pembersih air terutama untuk menyerap limbah akibat pencemaran bahan radioaktif dan logam berat.

      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar